Jumat, 22 April 2011

sabtu pagi

Sabtu, 16 april 2011
Drs. KH. Moch. Imam Chanbali

Rutinitas setiap sabtu pagi setelah jama’ah sholat shubuh, ijtima’ atau liqo’  -tapi lebih tepatnya menjadi pendengar-, dan lebih tepatnya lagi, pendengar yang mengantuk dan tak jarang tidur di majlis itu.
“..alfaatihah,,,,sekarang kita sampai pada ayat 13 surat al-mulk..”, tutur KH. Imam Chanbali, kyaiku, sekaligus pengasuh majlis dan pondokku, al-jihad.
Seperti biasa, diawali dengan membaca ayat tersebut bersama-sama, lalu kyai membacakan arti secara makna jawa, dari kitab Tafsir Al-Ibriz, lalu dilanjutkan dengan memberikan penjelasan mengenai apa-apa yang terkandung di dalamnya.
“..dan rahasiakanlah perkataanmu atau lahirkanlah, sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati.” (QS. Al-mulk: 13).
Aku akan coba mengutarakan lagi apa yang diutarakan kyai tadi, meskipun akan sangat jauh berbeda, karena faktor tak konsentrasi karena dirundung rasa kantuk yang sangat.
Yang dapat aku tangkap, antara lain mengenai apa-apa yang ada pada diri manusia, baik itu perbuatan, perkataan dan krentek yang ada hubungannya dengan masalah manusia atau segala hal yang dihadapi manusia. Bahwasanya itu semua tak lepas dari monitoring Allah SWT, karena Dia Maha Mengetahui.
Manusia mempunyai beberapa pilihan dalam menghadapi segala jenis masalah dan cobaan dari Allah, akankah mereka merahasiakan atau mengutarakan, baik kepada dirinya sendiri, keluarga, sanak kerabat, teman dekat, sahabat dan yang lainnya.
Hal itu dilakukan karena barangkali manusia ingin menutupi apa-apa yang mereka anggap aib ataupun sesuatu yang dapat merusak citra diri. Di sisi lain, manusia mengutarakan apa yang menjadi masalahnya kepada orang lain dikarenakan ingin melegakan hati dan mengharapkan adanya bantuan pemecahan masalahnya.
Atau, ketika manusia mempunyai rencana untuk berbuat sesuatu atau bahkan telah berbuat sesuatu, baik itu perbuatan yang benar ataupun perbuatan yang salah, maka dalam batinnya dia mempunyai pilihan untuk jujur bertanggung jawab atau tetap menyembunyikannya sehingga tidak ada yang tahu selain dirinya sendiri.
Sebagai contoh, seorang anak telah sengaja atau tidak melakukan perbuatan yang dilarang orangtuanya, lalu dia merasa takut. Maka dalam hatinya timbul 2 keputusan antara jujur mengatakan kepada orangtuanya dengan konsekuensi menerima apa yang akan terjadi, dan keputusan untuk diam dan menyimpannya sehingga berbohong untuk menghindarkan diri dari kemarahan orangtua.
Contoh lain, karyawan yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan apa yang disuruh atasannya, mahasiswa yang melakukan kesalahan dalam melaksanakan tugas dari dosennya, dan masih banyak lagi contoh yang lain.
Dari contoh-contoh itu, kalau kita kembali kepada ayat 13 surat al-mulk, Allah telah secara tegas mengutarakan untuk merehasiakan atau melahirkan  perkataan, ini berarti manusia berhak memutuskan apa yang harus dia lakukan. TAPI, pada akhir ayat tertulis jelas bahwasanya ALLAH MAHA MENGETAHUI SEGALA APA YANG DI HATI. Ini berarti, meskipun sepintar dan serapi-rapinya manusia menyembunyikan sesuatu pasti diketahui oleh Allah SWT.
Mungkin manusia merasa ketika tidak ada orang yang mengetahui masalah, keinginan dan perbuatan salah yang telah dilakukannya selain dirinya, dia akan aman. Tapi sesungguhnya itu salah, karena di balik setiap sesuatu ada Allah yang selalu memonitoring setiap perbuatan manusia. Jangankan yang telah dilakukan manusia, yang sedang menjadi keinginan dan krenteknya pun Allah tahu.
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Selain, penjelasan mengenai ayat tersebut, penjelsan juga melebar ke beberapa msalah yang menyangkut kehidupan di pondok, antara lain kemoloran anak-anak dalam menyelesaikan kuliyah sampai masalah hubungan asmara santri. Intinya, segala sesuatu harus SEGERA DIMULAI secepat-cepatnya.
“....nek seneng cewek, yo ojo Cuma di SMSi tok, tapi cepet-cepet ditakokne wong tuone, dolan neng omahe, nek ditakoni wongtuone yo jawab ae ini harus segera Pak,,”. Canda kyai dengan guyon khasnya, yang kemudian disambut tawa gerrr para jama’ah.
Kyai juga menjelaskan apa yang pernah diutarakan AA Gym mengenai cepet2  ini, yaitu 3M, Mulai dari diri sendiri,emmmm liyane lali reeekkkkkk...
Hammmm,,,otak mandeg sampai disini, disambung lagi kapan2 lah,,,,,

0 komentar:

Posting Komentar

monggo komentarnya